Minggu, 15 Februari 2015

Tip Merawat Rantai Sepeda Motor



Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Rantai Motor adalah salah satu komponen penting,yang bertugas meneruskan putaran mesin ke roda belakang motor dan sangat perlu untuk di lihat kondisinya apakah dalam keadaan yang baik atau tidak. Karena jika kita tidak merawat rantai sepeda motor dengan benar mungkin saja akan berakibat terjadi putus rantai dan membuat anda semakin repot, waktu akan semakin banyak terbuang karena harus membawa motor anda ke bengkel lagi dsb.
Tips Merawat Rantai Sepeda Motor anda :
·         Cek Ketegangan Rantai Anda,Minimal Setiap 1.000 kilometer atau minimal 1 bulan sekali dicek ketegangan rantainya. Tingkat ketegangan rantai sebaiknya 8 milimeter. Jika rantai motor anda terlalu longgar akan berakibat terjadinya rantai putus lebih cepat dan membuat gir motor anda cepat ompong.
·         Bersikan Rantai Dari Kotoran agar kerja rantai motor anda menjadi normal kembali, biasanya terdapat debu, dan lumpur di rantai motor anda. Jika dibiarkan terus menerus membuat rantai akan cepat berkarat, aus dan getas(mudah putus bhs,Jawa).
·         Memberikan Pelumas pada motor anda juga membantu rantai akan bertahan lebih lama. Pelumasan pada rantai motor akan membantu mengecilkan gesekan antara gir dan rantai, pelumas yang dipakai akan lebih baik jika memakai pelumas khusus rantai kalau tidak ada,anda pun bisa menggunakan sedikit pelumas mesin motor anda di saat mengganti Oli motor (Sebaiknya, Jangan Menggunakan Oli bekas).
Sebaiknya Gunakan Penutup Rantai/Rumah Rantai. Saya pernah mendengar bahwa menggunakan rumah rantai lebih baik dari pada tidak menggunakannya. karena umur rantai akan lebih bertahan lama, ada yang sampai bertahun tahun tidak ganti rantai,gara-gara menggunakan rumah rantai.Kegunaan rumah rantai sebenarnya untuk melindungi rantai dari tampias air hujan dan lumpur di saat kita berkendaraan, yang akan membuat kerja rantai akan lebih berat dan rantai pun akan cepat berkarat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar